Kampfgefährte-Teman Seperjuangan

December 7, 2010 § 4 Comments

Pertamina RU-VI Balongan ini memang salah satu tujuan para mahasiswa, yang akan melaksanakan Kerja Praktek / Praktek Kerja Lapangan / apapun istilah mereka di kampus. Bahkan pengambilan data untuk TA. Periode sebulan yang bersamaan dengan masa KPku inipun diminati oleh beberapa mahasiswa lain. Tidak sebanyak jika kita KP di perusahaan impor/nasional lain, tapi cukup memunculkan rasa seperjuangan dan senasib.
Berikut databasenya:
1. danang S
manusia ini merupakan partner kelompokku. hingga sampai di sini pertama kali, dialah kapten maut yang kami ikuti. karena dia ada kakak dan kami ke sini juga karena pilihannya. tanpa diduga, kakak danang yang bernama mas Dodi memiliki perawakan yang sebelas12 dengan danang. kadang aku takut salah nabok bercanda ketika ada danang dan kakaknya. ahlinya pes 2011 ini memiliki hobi menempel telapak kakinya dengan plester.
2. fathan S
menempati daftar paling sering mendapatkan jackpot tiap harinya. menggelikan ketika si doski memakai baju batik model kondhangan. teman kami tiko, seorang keturunan mengatakan secara gamblang,” weh, ngopoe batikan? arep kondhangan o?” dengan mimik dan nada juragan bahan bangunan. Si bos masih bisa ga terima dan balik mengatai secara jenaka di depan kami ber tiga, anggota kp eliners 07 balongan. Orang kedua adalah teman mas Dodi, yang bertemu di warung nasi depan kilang ketika jam istirahat, dengan jenis pemilihan kata yang sama persis, namun dengan logat pribumi. Sontak, si bos ini mulai keder, udah 2 orang yang tertarik dengan bajunya. Sore menjelang, bos kami Pak Ramdhan meminta kami ikut ke lapangan bersama mas Darin, pembimbing kami juga, ikut memberi shock kepada kawanku satu ini. Lagi lagi dengan pemilihan kata yang sangat sama, dengan nada yang membuat semua isi kantor mendengar. Sontak muka merah
seketika premier di wajah jekitan ini. kamipun jelas menahan ketawa. Dan berakhirlah perjalanan si baju batik karena bantingan WWF fathan sesampai di rumah. Jawara pes 2011 ini sangat digemari ibu penjual di warung nasi depan kilang.
3. Muh. Rivai
partner fathan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. keuntungannya, dengan pengalamannya sebagai veteran, kami bisa mengerti dan memahami beratnya hidup di kota orang. Bahkan kami bisa update gosip mengingat statusnya sebagai artis pendatang baru. Beratnya, karena faktor usia tadi, kadang beliau luput utawi kesupen. Pemegang satu kartu kuning, karena pelanggaran yang dibuatnya saat ketauan tidur dikantor ini, eh, atau ketauan pacaran, smsan di kantor ya, lupa aku, merupakan master pes 2011 dan satu satunya yang sedikit beruntung dengan wanita sejauh ini. sedikit..
4. zakka
salah satu lelaki dari 2 lelaki yang tiba lebih dahulu di ruang pusdiklat di hari pertama. seorang calon engineer kimia dari upn jogja. berasal dari magelang. cukup pendiam di awalnya, tetapi cukup bisa berbaur juga melihat tidak adanya kejaiman anak elins. yap, dia anak tekim 2006 UPN Veteran Yogya.
5. furqon
juga salah satu lelaki dari 2 lelaki yang tiba lebih dahulu di ruang pusdiklat di hari pertama. anak indramayu ini bisa dibilang bosnya anak upn (selain zakka, ada 2 wanita) karena putra daerah. dia mengajak zakka tinggal bersamanya selama kp berlangsung. lelaki ini juga tekim UPN Yogya.
6. Sri
salah satu wanita upn yang tiba terlebih dahulu. pertama menatapnya, serasa familiar. “mungkin kakak kelas smp apa ya”, pikirku. tapi berlalu begitu saja hingga akhirnya suatu malam kami bertemu lagi di sebuah warteg dan dia bertanya padaku,”kamu anak mache bukan sih?” glek, owalah bener aja. tapi rupanya sma. benar juga lagi, kalau di sma dia pasti berkerudung, na ini dia terbebas dari kerudung. pangling. Pemilik nama yang jika di depan namanya diberi awalan “Miring” menjadi kata favorit fathan ini juga tekim upn 2006 yogya.
7. Suci
wanita lincah ini sangat aktraktif. tidak ada keraguan baginya untuk bercanda dengan kami meskipun kami baru dikenalnya. memang nuansa kedaerahan terasa mengingat dia putri asli bantul. Keberadaan mereka memang lumayan membawa atmosfer kedaerahan. mengingat di indramayu ini bahasanya tercampur campur. kebanyakan jawa dataran utara yang lumayan tidak aku mengerti, kadang semacam setyo wirawan, kadang sunda. Suci juga tekim upn 2006, mereka tidak di bagi 2 secara kelompok, tetapi sekelompok 4 orang sekaligus dalam 1 proposal. kedua wanita tangguh ini tinggal di sebuah kos di sekitar perumahan yang kami tinggali.
8. 2 manusia sejenis kami di hari pertama
dua oknum ini datang bersama mentor administrasi kp kami. sangat dingin dan tidak sedap dipandang. bahkan di saat kami dan 4 teman baru kami dari upn harus bergantian naik motor ke wisma jati, area luar kilang yang cukup jauh dari kilang, karena keterbatasan motor, dengan tanpa sapaan sama sekali mereka naik sebuah mobil lengkap dengan sopir yang mengantar ke manapun mereka maui. Hingga akhirnya mereka juga menempati seksi yang sama di bagian electrical & instruments eng, mereka sangat tidak bersahabat. sehingga memang aku pribadi tidak respek, karena ketika aku sharing dengan mas Dendi, pembimbingku, kebetulan mereka juga berada di sekitarnya( mungkin 1 almamater, Tekfis ITB, temu kangen) bisa bisanya salah satu dari mereka tertawa kecil seolah merendahkan mengetahui topik bahasan yang sekiranya bisa aku, dan tentunya danang angkat di KP ini. atos.
akhirnya diketahui mereka TA, ambil data di sini, sehingga cuma 3 hari. syukur aku panjatkan tidak sebulan seatap dengan mereka.
9. Iqbal
Seorang tegal ini merupakan semacam setyo. Anak teknik elektro 2007 ugm, yang bersama partnernya Tiko bahu membahu mencari bahan dan lainnya seminggu lebih dulu dari kami. mereka otomatis sangat mandiri, karena kos depan kilang (jarak kilang kota indramayu bisa dicek di tulisannya bos fathan) dan pembimbing mereka sangat cuek ke mereka. tidak banyak interaksi yang mereka lakukan, 180 derajat tentunya dengan kami. kesan pertama dari iqbal adalah alim, dingin dan tidak banyak bercanda. hingga 3 minggu bersama di kantor, dia mulai bisa membaur di akhirnya. karena memang sangat sangat membosankan hidupnya jika tanpa candaan ditambah lagi di sekitar kilang adalah area sepi tanpa hiburan sama sekali. Kami curigai juga dia dalam tekanan berat selama hidup di depan kilang. Dia sepertinya membuat laporan seorang diri meskipun ada temannya.
10. Tiko
kami sangat mencurigai, sangat cepat habisnya makanan kecil dan minuman ringan di kantor adalah ulahnya. pria keturunan ini sangat gemar mengunyahkan makanan di mulutnya. pernah suatu waktu dia mendapati aku sedang menhabiskan wafer yang kami bawa dari rumah, dia kemudian menginginkannya juga. Kuberikan sebungkusnya karena memang penghabisan, tak dinyanya, dia menghabiskan si wafer hingga mendulit habis laiknya anak kecil makan chiki.sink…
pria ini kemudian menjadi kakak fathan, mengingat akrab dan tiada keraguan di kedua insan untuk saling hina. juga anak teknik elektro 2007 ugm.
11. 2 anak tekfis 2008
memasuki bulan desember, ada tambahan anak kp yang masuk.2 anak langsung. rupanya mereka adalah anak ugm, teknik nuklir 2008. 2008! Bukan bagaimana, tetapi semester 5, bisa apa mereka di sini. kami ber enam, termasuk tiko dan iqbal aja sangat berusaha keras agar bisa mengikuti irama kerja para insinyur di sini. benar saja, di hari kedua mereka bertemu bos kami, pak ramdhan, dan dihabisi beliau selama hampir 3 jam. pingsan mungkin. kasihan jelas, tetapi konyol mereka. ngapain juga buru buru, walau katanya memang minimal ambil kp adalah semester 5. semester yang seharusnya merupakan kesempatan mereka mendapatkan pengalaman di luar perkuliahan terlebih dahulu menurutku, dan memang terbukti mereka menjadi Sesat. mudah mudahan bisa segera beradaptasi, biar gak sebulan sesat.

Tidak banyak, tetapi rasa perjuangan dan cerita yang muncul menjadi sangat menumpuk dan menarik bagi kami. mudah mudahan kami semua tidak menyesal memilih pertamina cabang ini dan bahkan mungkin ada yang memimpikan menjadi seorang profesional muda di Refinery Unit VI Balongan ini. Cheerss…

Tagged: , , , ,

§ 4 Responses to Kampfgefährte-Teman Seperjuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kampfgefährte-Teman Seperjuangan at eliners07kp.

meta

%d bloggers like this: