Flash Back -Proses Mencapai Krakatua Steel-

November 12, 2010 § 2 Comments

Gimana tho Ngajukan KP di KS???

Mungkin bacaan ini tidak terlalu penting untuk teman-teman 2007 yang sudah KP. Tetapi ini bisa sangat penting untuk adik-adik angkatan yang belum KP atau siapa saja yang belum KP.

Mendengar nama Krakatau Steel (KS) mungkin memang sudah sering, dulu kan juga dipelajari di SD atau SMP..pelajaran IPS, nama2 perusahaan besar di Indonesia. Krakatua Steel memang sebuah perusahaan besi dan baja  terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu BUMN yang sekarang sedang go public, mudahnya ya jual saham ke masyarakat umum tapi gak semua.

Langsung saja ke inti tulisan. Siapa saja yang mau KP di Krakatau Steel, begini prosesnya. Dulu kami (Edwin, Dimas, Arul, Jihad) dengar cerita tentang KP di KS dari sebuah acara SG KP yang diadakan olah HMEI. Semoga tahun depan HMEI ngadakan lagi….Amiin. Pertamanya saya dan Dimas atau Dimtam sepakat untuk KP di KS kemudian disusul oleh Arul dan Jihad. Proses pengajuan KP ini dilakukan kurang-lebih 3-4 bulan sebelum pelaksanaan KP, mengingat antrian KP di KS sangat panjang. Dilanjut kami menyiapkan syarat-syarat pengjuan KP..nah ini syarat-syaratnya:

1. Proposal KP

Proposal KP harus dibuat yang bagus dan spesifik. Karenyang mengajukan KP di KS sangat banyak jadi ada seleksi proposalnya…tapi sante aja, yang diterima KP juga banyak koq. Waktu angkatan KP kami saja ada 170-an peserta KP untuk angkatan pertama bulan November 2010 dan ankatan kedua pada Bulan November ada 53 peserta KP.

2. Surat Pengantar KP dari Fakultas MIPA

Cara mendapatkan surat ini gampang banget. bermodal mau datang ke Dekanat bag. Tata Usaha alias TU yang dilantai 2. Ngomong aja sama petugas di TU “Pak/Bu mau minta surat pengantar untuk KP” atau bagaiamana terserah bahasa masing-masing. Yang penting petugasnya paham. Makan daripada itu, temen-temen akan di minta mengisi formulir. Setelah fromulir diisi terus dikembalikan lagi, tinggal nunggu 2-3 hari surat bisa diambil.

3. CV alias Curriculum Vitae

Yang belum punya CV segera dibuat. Buat CV dengan format yang jelas dan rapi. Yang paling penting CV sudah bisa menggambarkan kemampuan dan pengalaman temen-temen semua.

Ketiga syarat di atas dikirim ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) KS. Alamat Pusdiklat lupa..hehehe. Sebaiknya sebelum ngirim ke Pusdiklat, labih baik telepon dulu Pak Sunarto (Orang yang Ngurus KP penerimaan KP di KS) untuk menanyakan apakah pada bulan yang diinginkan untuk KP masih menerima peserta KP  atau tidak. Sekalian tanya alamt Pusdiklat. Untuk Cp Pak Sunarto bisa langsung tanya ke salah satu dari kami (edwin, dimas, arul, jihad). Nah, ternyata KS hanya menerima KP pada bulan ganjil saja. Setelah ada kesepakatan dengan Pak Sunarto, tinggal ngirim proposal dan syarat-syaratnya. Selanjutnya teman-teman tunggu saja surat panggilan dari KS untuk berangkat KP. Biasanya surat panggilan akan dikirim oleh KS sebulan sebelum hari-H KP. Sebaiknya temen-temen konfirmasi lagi ke Pak Sunarto, apakah suratnya sudah dikirim atau belum.

Begitulah proses mengajukan Kerja Praktek di KS. Selamat KP….

Tagged: ,

§ 2 Responses to Flash Back -Proses Mencapai Krakatua Steel-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Flash Back -Proses Mencapai Krakatua Steel- at eliners07kp.

meta

%d bloggers like this: