Buat Yang Belom KP.. JANGAN NYERAAAAH!!

January 29, 2011 § 2 Comments

Ini tulisan dibuat dikarenakan emang kita kita blom KP. « Read the rest of this entry »

Advertisements

tambahan Kämpfer-Teman Seperjuangan

December 7, 2010 § 3 Comments


biasanya tuh lakon suka bersembunyi, terakhir berarti ‘gong’nya:
« Read the rest of this entry »

Kampfgefährte-Teman Seperjuangan

December 7, 2010 § 4 Comments

Pertamina RU-VI Balongan ini memang salah satu tujuan para mahasiswa, yang akan melaksanakan Kerja Praktek / Praktek Kerja Lapangan / apapun istilah mereka di kampus. Bahkan pengambilan data untuk TA. Periode sebulan yang bersamaan dengan masa KPku inipun diminati oleh beberapa mahasiswa lain. Tidak sebanyak jika kita KP di perusahaan impor/nasional lain, tapi cukup memunculkan rasa seperjuangan dan senasib.
Berikut databasenya: « Read the rest of this entry »

Istimewanya Hari Raya

December 7, 2010 § 1 Comment

Kami telat menyadari dan melihat kalender terlebih dahulu sebelum membuat proposal Kp kami. Hal ini menyebabkan
kami menambah pengalaman baru berlebaran jauh dari keluarga kami masing masing. Hanya berempat saja. Kami memulai KP kami tanggal 15 November, sedangkan pemerintah menetapkan 10 Dzulhijah di tanggal 17. bahkan ada paham yang mempercayai dan menunaikan Salat Id di tanggal 16, tetapi perbedaan adalah hal indah di negara kita.
« Read the rest of this entry »

Hari Pertama Kesan Pertama

December 5, 2010 § 5 Comments

Senin, 15 November 2010

Semalam sebelumnya kami suit menentukan pihak mana yang berkesempatan mandi paling pertama. Danang fathan aku vai adalah urutan yang didapat dan akan berputar tiap harinya, yang sekiranya dibutuhkan mandi sangat pagi. Jam menunjukkan 06.30 ketika kami sudah siap dan selesai bergiliran mandi hingga sarapan mi goreng instan. Kamipun meluncur melewati jalur yang jelas akan membosankan karena tiap hari nantinya akan selalu kami lewati. Sampai di kilang dan memarkirkan motor kami di rumah warga di depan pintu depan kilang,  kami berjalan sejauh 10 menit untuk mencapai gedung Pusdiklat. Di dalam ruang tunggu sudah ada 4 orang berpakaian sejenis kami duduk dan juga menunggu sebuah kepastian. Seorang bapak yang kemudian kami kenal adalah Pak Yanto mempersilakan kami duduk dan menunggu seorang Bapak lagi. sekitar 30 menit tanpa kepastian lagi, datang seorang bapak keturunan arab dengan 2 orang berpakaian sejenis kami lagi. Kemudian si Bapak yang kemudian kami kenal adalah Pak Hasan meminta kami memberikan surat rekomendasi KP kami. begitu pula dengan 4 orang berpakaian sejenis yang sudah lebih dahulu duduk menunggu sebelum kami. Setelah surat kami diproses, kami dipersilakan memasuki ruang kelas yang sudah berisi beberapa orang dewasa. kemungkinan merupakan tamu perusahaan. kami diterangkan mengenai prosedur keamanan dan keselamatan yang ada di kilang dan harus selalu kami taati selama berada dalam kilang. tak selesai sampai di situ, kami lalu diminta menemui seorang bapak di gedung putih, kemudian membuat ID card kami, dan kembali ke gedung pusdiklat setelah usai.
“WTF!?? Gedung putih? mentang mentang Obama habis datang trs kita harus ke gedung putih, white house cuma buat
bikin ID Card?” silauku. « Read the rest of this entry »

Mulanya Sejarah ini Berasal

December 4, 2010 § 9 Comments

Fakir akses internet membuatku malas mengupload cerita ini ke permukaan selama di Indramayu.
hingga pada akhirnya di minggu ke 3 kami baru diberikan akses wifi. Nantinya akan ada beberapa tulisan dengan masing masing pembahasan. Ada 4 langsung, karena memang udah sempat tatulis tapi belum berkesempatan share.. Silakan dinikmati ndan.

15 November 2010.
Tanggal yang tertulis di lembar persetujuan Kerja Praktek dari Pertamina cabang Balongan. Hal kecil pertama yang menggelitikku sejak awal adalah Balongan.
Di mana itu?
Pertanyaan yang langsung terjawab begitu saja ketika kubaca tulisan kecil di pojok bawah surat via fax tersebut.”Refinery Unit VI, jalan Raya Balongan Km.9 Indramayu 45217 Indonesia”.
Indramayu. Pernah kudengar kota tersebut. tapi di mana? bagaimana ke sana?
Akhirnya, kucari lagi buku atlas yang pernah tapunyai selagi masa sekolah dulu. sengaja memang atlas ini selalu kusimpan. Aku memiliki keasyikan tersendiri melihat peta-peta yang tergambar dalam buku atlas itu. Menantikan suatu waktu nanti aku bisa benar benar sampai di wilayah, kota, hingga negara yang sebelumnya hanya bisa aku kagumi dari peta ini. informasi sebelumnya yang kudapatkan, Indramayu adalah salah satu kota di Pantura pulau Jawa dan berada di propinsi Jawa Barat. Kubuka halaman Jawa Barat, dan Indramayu terpetakan berada di ujung atas pojok pulau jawa yang menjorok ke laut. Kota ini berada sekitar 3 cm di peta Jawa barat yang kumiliki tersebut dari Cirebon. 3 cm dengan rasio yang tidak kupahami. “Lumayan jauh deh” erangku.
Kuarahkan penggaris lagi, kuitung lurus dengan kota Yogyakarta. Kudapatkan angka 19,4 cm. Cara cerdas yang lebih baik anda anggap lalu saja karena memang cerdas sekali menghitung jarak dengan kekuatan pikiran ini. Kuamati lebih lanjut. Fakta lainpun muncul. Jalur kereta api tepat membelok menjauhi kota ini sebelum mampu mencapainya. “jos. naik apa kita ke sana.” gurauku sambil menutup lembaran buku balitaku ini( umurnya sekitar 5 tahun).
« Read the rest of this entry »

Satu Hari di Krakatau Steel

December 1, 2010 § 5 Comments

Sudah hampir sebulan kami di sini bos, di kota Cilegon dengan Krakatau Industrial Estate-nya (rasane cepet banget bos, tur ya piye meneh). Sewajarnya kami juga punya pola keseharian yang sudah mulai merutin, yaitu pola yang sama dalam hari-hari kami. Jadi intinya kali ini kami mau cerita tentang satu hari yang wajar jika berkerja praktek ria di Krakatau Steel. Bismillah bos.

Pagi, subuh tepatnya, bukan kebalikannya.

Alarm dari handphone berbagai bentuk, merk, dan tipe mulai bersahutan kesana-kemari sejak pukul empat pagi. Yah, memang sekarang sudah jarang dijumpai ringtone tipe ayam berkokok, jadi lagu dari sony ericsson dan nokia cukuplah. Atau, yang beberapa minggu terakhir menjadi sebuah tren di kost kami, ringtone dari band Padi, Tak Hanya Diam (sangar po sangar?). Kenapa lagu ini? mbuh, aku yo radong. Nah, tapi uniknya, seperti yang kita tahu, setan gencar-gencarnya untuk menjaga agar kami tidak bangun pada jam-jam ini. Dengan mistisnya, kuping kami serasa tak mendengar apa-apa, dan  mata  serasa ditindihi baja hasil produksi Krakatau Steel, setan oh setan. dasar jahat..

« Read the rest of this entry »