sejenak jadi PPKA di stasiun Tugu n Lempuyangan

November 12, 2010 § 6 Comments

PPKA, dia biasa disebuah ruang yang bernama ruang PPKA(iyalah masa di wc). Tugas utama dari PPKA adalah mengatur keberangkatan sebuah kereta di stasiun. setiap kereta api yang berjalan pasti dibimbing oleh PPKA melalui sinyal dan semboyan.

untuk di stasiun lempuyangan sampai patukan(cerak gamping) sudah memakai sistem persinyalan elektrik yang modern. di stasiun tugu n lempuyangan hanya diatur oleh seorang PPKA, tugasnya cuma mencet tombol2 yang ada di dasboard. kalo di stasiun maguwo, masih memakai sistem persinyalan mekanik. jadi PPKA masih menarik-narik tuas untuk mengubah sinyal dan membalik wesel.

wesel ada yang tau?wesel itu tempat persimpangan 2 atau lebih jalur kereta api. ini merupakan titik terawan pada sistem perkereta apian karena rel ini tidak statis dan dapat bergerak atau bergeser sewaktu-waktu jika digerakkan.  sudah banyak kereta api yang anjlog dikarenakan saat pindah jalur (langsir) di wesel tersebut.

saat kape hari ketiga saya n jimmy mengamati kerjanya PPKA dan mencoba mengendalikan beberapa kereta api yang berada di tugu n lempuyangan, ternyata sangat simpel n mudah. bagi yang ingin mencoba jadi PPKA di tugu ada caranya yaitu  melakukan penelitian atau KP di PT KAI, ambil SINTELIS (sinyal, telekomunikasi, dan listrik) lalu minta pada bagian sinyal n minta liat LCB di ruang PPKA. selesai deh.

ruangan PPKA terletak di rumah sinyal. tepatnya di bagian tenggara dari stasiun tugu.

gambarnya nyusul y, masih dibawa Jimmy e

About these ads

Tagged: , , ,

§ 6 Responses to sejenak jadi PPKA di stasiun Tugu n Lempuyangan

  • Orricks says:

    Maaf sebelumnya, apakah Anda n Mas Jimmy memang pegawai selain PPKA yang boleh melihat dan mencoba pengoperasian sinyal elektrik? Apakah selain pegawai PT. KAI (Orang biasa) boleh melihat n mencobanya dgn persyaratan yg sudah ada tadi? Trim’s

  • Ichsan sani says:

    terima kasih atas komen nya, kami bukan pegawai PT KAI,
    kami memang diperbolehkan melihat, dan mencoba mengoperasikan, tetapi untuk mengoperasikan persinyalan elektrik tentu ditolak saja sama yg berwenang.

    Untuk diketahui bahwa kami kerja praktek di PT KAI hanyalah untuk mencari ilmu. kalau memang ingin jadi PPKA beneran semua ada mekanismenya.untuk keterangan lebih lanjut bisa ditanyakan ke bagian HRD,

    regard

    Ichsan

  • Alfian A says:

    menambahi mas Ichsan,
    tentu saja yang diperbolehkan mengoperasikannya hanya petugas PPKA,
    ada UU lho, selain petugas dilarang
    kami selaku mahasiswa KP diperbolehkan setelah mendapat izin dari mentor n petugas PPKA, itu pun hanya untuk melakukan pengamatan pegoperasian west trace

  • Orricks says:

    Tambahan bwt Mas Ichsan, kl sy lbh senang bentuk sinyal Sta. Solo Balapan sblh timur (sinyal penunjuk arah)! Wkt itu sy plng ke Jember dr Sta. Balapan naik KA 6 Argo Wilis pkl 15.17 n KA 89 Mutiara Timur pkl 22.30 dr Sta. Gubeng! Uniknx saat sinyal elektrik Sta. Balapan beraspek hijau, n stlh brngkt meninggalkan Sta. Balapan, KA 6 Argo Wilis langsung direspon oleh Sta. Jebres dgn 3 buah sinyal mekanikx yg menunjukkan bahwa krt yg sy tumpangi berstatus sbg KA langsung d Sta. Jebres! Trim’s n mohon komenx!

  • wiy_ says:

    kalo mau masuk situ prosedurnya gimana sih? harus bikin proposal2 gitu kah?

  • Orricks says:

    Kl qt mw msk ke rmh sinyal suatu stasiun besar, alangkah baikx membawa surat izin dr instansi tmpt qt bekerta / universitas tmpt qt kuliah! Tdk perlu membuat proposal! Tetapi sy pribadi saat berada d Sta. Solobalapan, hampir diizinkn msk ke rmh sinyal oleh PPKA, hax bermodal telepon milik perlintasan KA d sblh timur stasiun tsb.! Alhasil, sy blm bs msk ke rmh sinyal krna sang PPKA msh sibuk mencatat laporan KA n cek negatif persinyalan listrik stasiun tsb.!!! Utk Mas Ichsan, trm ksh bnyk atas infox mengenai penelitian d Sta. Tugu!! Sy ucapkn slmt krn sdh berhasil msk ke rmh sinyal Tugu!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading sejenak jadi PPKA di stasiun Tugu n Lempuyangan at eliners07kp.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: